cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardihamzah88@gmail.com
Phone
+6285242480990
Journal Mail Official
jurnal.hest@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. Gatot Subroto No23 Manding-Madate-Polewali Sulawesi Barat Indonesia
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
ISSN : -     EISSN : 26851792     DOI : https://doi.org/10.36339/jhest
J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology" : 22 Documents clear
Gambaran Perilaku Ibu Tentang Diare Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Yoka Kota Jayapura Naomi Frolinda Jober
J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Yoka Kota Jayapura. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan dukungan dan peran serta petugas kesehatan dalam pelaksanaan pencegahan dan penanganan diare pada balita untuk meningkatkan pengetahuan ibu balita dan tenaga kesehatan tentang pentingnya pencegahan penyakit diare pada balita di Puskesmas Yoka Kota Jayapura. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. dalam penelitian ini metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan perilaku ibu tentang diare pada balita. Hasil penelitian diperoleh bahwa mayoritas ibu yang memiliki balita dengan diare di Puskesmas Yoka Kota Jayapura berusia dewasa Awal yaitu Usia 21-34 tahun sebanyak 16 responden (53%), Tingkat pendidikan terbanyak SMP sebanyak 13 responden (43,3%), dan pendapatan ibu balita sekitar < 500 ribu terdiri dari 24 responden (77%) sedangkan pekerjaan terdapat paling banyak  ibu yang tidak bekerja dengan jumlah 18 responden (60%). Mayoritas ibu yang memiliki balita dengan diare di Puskesmas Yoka Kota Jayapura memiliki pengetahuan kurang dengan jumlah  23 responden (66%). Mayoritas ibu yang memiliki balita dengan diare di Puskesmas Yoka Kota Jayapura paling banyak memiliki sikap baik dan cukup baik sekitar (87 %).  Mayoritas ibu yang memiliki balita dengan diare di Puskesmas Yoka Kota Jayapura terdapat 24 responden (80%) melakukan tindakan penanganan diare dengan baik.
Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 Hasriyani Syarifuddin
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Pinrang. (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Pinrang. Fokus penelitian ini adalah indikator pendekatan saintifik. Sumber data dalam penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Instrument penelitian ini terdiri dari peneliti dan instrument pendukung berupa pedoman observasi, wawancara, dan pedoman analisis RPP. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang telah dilaksanakan dengan baik. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) meskipun belum maksimal. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, sampai pada kegiatan penutup. Penerapan pendekatan saintifik dilakukan secara berurutan sesuai dengan Permendikbud No.81A Tahun 2013, proses pembelajaran dilakukan dengan penerapan metode ilmiah yang mencakup kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan saintifik di kelas XI yaitu, terdapat karakteristik yang berbeda-beda serta cara siswa memahami materi yang diberikan. Sarana dan prasana penyediaan sumber belajar, seperti buku paket siswa dan guru belum memadai sebagai bagian yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran.
Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Etalase Aluminium pada Usaha Dagang (UD) Iqbal Alumunium Berbasis Web Fransiskus Xaverius; Jarot Budiasto; Marius Agustinus Welliken
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.97

Abstract

Penggunanan dan pemenfaatan teknologi informasi merupakan sebuah gebrakan baru dalam dunia usaha. Pemanfaatan teknologi informasi secara kusus pemanfaatan internet dalam segala aktifitas baik itu ekonomi, social maupun politik. Dengan perkembangan teknologi yang terus bergerak menuntut sektor usaha baik itu usaha yang bergerak di bidang jasa, bidang pertanian, bidang perdagangan, industri kecil dan menegah. Salah satunya pada UD Iqbal Aluminium, berdasarkan hasil studi lapangan yang dilakukan diperoleh permasalahan antara lain Proses pemesanan Etalase masih dilakukan secara konvensional yaitu konsumen yang ingin memesan etalase atau hanya sekedar ingin mengetahui harga etalase harus datang ke tempat pembuatan etalase, sedangkan banyak konsumen yang berasal dari luar kota Merauke sehingga mebutuhkan biaya cukup besar hanya untuk sekedar memperoleh informasi atau melakukan pemesanan, Semua transaksi masih menggunakan kertas nota biasa, kwitansi, faktur yang secara keseluruhan menggunakan kertas. Terkadang di hadapi permasalahan antara satu barang dengan barang lainya tidak terjadi konsistensi dalam penjualan, sehingga akan berdampak pada pendapatan yang dihasilkan. Pada penelitian ini menghasilkan informasi terkait proses transaksi  dari sistem informasi  perancangan sistem informasi pemesanan etalase aluminium pada usaha dagang UD. Iqbal aluminium berbasis web. Perancangan aplikasi ini menggunakan Microsoft Viso 2016. Berdarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa kesimpulan yang dapat dirumuskan diataranya ialah. Sistem mampu Merancang sebuah sistem informasi yang dapat membantu pihak UD. Iqbal Aluminium dalam memberikan informasi kepada konsumen terkait harga Etalase dan proses pemesanan etalase. Sistem yang di rancang mampu menghasilkan sebuah model sistem informasi yang dapat membantu pihak UD. Iqbal Aluminium dalam proses pencatatan semua transaksi yang ada.
Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Fisika SMA/MA Berdasarkan Masa Kerja di Kabupaten Majene Nur Aliah; Mutmainna; Andi Saddia
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.98

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru Fisika SMA/MA berdasarkan masa kerja di Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain Studi Kasus. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu empat guru Fisika dari empat sekolah yang berbeda di Kabupaten Majene. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman diantaranya pengumpulan data, transkrip data, kodingan, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan antara kemampuan PCK guru >10 tahun dan guru <10 tahun dalam mengajar yang dikelompokkan ke dalam lima tema, yaitu pengetahuan guru terhadap karakteristik peserta didik, pengetahuan guru terhadap kurikulum, strategi yang diminati peserta didik, pilihan media dan sumber belajar guru, dan penilaian guru terhadap hasil belajar.
Teacher’s Teaching Performance on Ecopedagogic Learning and Behavioral Framework Arin Mantara Anggawirya; Yuni Ratna Purwaningsih; Nurul Istiqomah
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.99

Abstract

This paper reviews a crucial aspect of education, namely pedagogy. Ecological trends have influenced many aspects of life, inseparable from the educational aspect. This research aims to explore the teacher's performance in implementing Ecopedagogic in language learning. The method used is observation and interviews. Observations were conducted using a checklist of observations, and interviews were conducted using semi-structured interviews. The sample that can be taken is ten teachers spread across high schools in Merauke Regency. As a result, the implementation of eco-pedagogic is applied unconsciously by the teacher, learning is oriented to introducing the surrounding environment, and student activities are project-based.
Penggunaan Pelesetan pada Video di Media Sosial Tik Tok Chaerati Puspita Sari; Idawati Idawati; Usman Usman
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk Penggunaan pelesetan pada video di media sosial Tik Tok (2) mendeskripsikan fungsi Penggunaan pelesetan pada media sosial tik tok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa mengamati, dokumentasi, baca simak, teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengidentifikasi data, mendeskripsikan setiap bentuk dan fungsi pelesetan, interpretasi, dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian pada penggunaan pelesetan pada video di media sosial Tik Tok terdapat lima data bentuk penggunaan pelesetan, yakni bentuk pelesetan singkatan, bentuk pelesetan akronim, bentuk pelesetan kata asing, bentuk pelesetan berdasarkan pengulangan bunyi vocal, dan bentuk pelesetan metatesis. Serta terdapat enam data fungsi pelesetan pada video di media sosial Tik Tok yang terdiri dari fungsi pelesetan sebagai olok-olokkan, fungsi pelesetan sebagai sindiran, fungsi pelesetan sebagai protes sosial, fungsi pelesetan sebagai pencerminan diri, fungsi pelesetan sebagai eufemisme, dan fungsi pelesetan sebagai lelucon atau hiburan
Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Social Skills Peserta Didik Ummu Kalsum; Andi Saddia; Irmaya Irmaya
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan social skills peserta didik antara kelompok yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan kelompok yang tidak menggunakan metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah True Experimental dengan menggunakan pretest posttest control group design yang dilakukan di SMA Negeri 2 Campalagian. Pada kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan metode tutor sebaya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket social skills. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian ini membuktikan bahwa : (1) terdapat peningkatan yang signifikan antara kedua kelompok dengan nilai sig sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05 (2) penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan social skills peserta didik, dapat dilihat pada hasil posttest kelompok eksperimen social skills mengalami peningkatan sebesar 17,75.
Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Nurfitra Yanto; St. Mutia Alfiyanti Muhiddin; Arie Arma Arsyad
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.103

Abstract

Dalam proses pembelajaran perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan gagasan, informasi, dan keterampilan-keterampilan yang ada pada peserta didik. Keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang perlu dilatihkan kepada peserta didik. Diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk melatihkan keterampilan kolaborasi dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji artikel mengenai jenis-jenis model pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Seluruh artikel yang dikaji merupakan artikel yang bersumber dari jurnal yang terakreditasi minimal SINTA 4 dan terdapat pula artikel terindeks scopus. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran inovatif dapat melatihkan keterampilan kolaborasi dengan baik. Ditemukan pula bahwa selain model pembelajaran, bahan ajar berupa LKPD juga merupakan hal yang cukup penting untuk melatihkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik.
Analisis Perbedaan Gender Mahasiswa Calon Guru Fisika Terhadap Keterampilan Mengukur Panjang Arie Arma Arsyad; St. Mutia Alfiyanti Muhiddin
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.104

Abstract

This research was a quantitative research to analyze the skill of measuring length. The research subjects were 54 prospective physics teacher students. Data analysis used descriptive statistical analysis. The instrument used was a performance test in the form of observation using 4 aspects of the skill to measure length. Based on the results and discussion, it was found that (1) the highest aspect was obtained on the indicator for determining nst and the lowest was on analyzing data and (2) the skills of measuring female students were better than female students, namely 83:74.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Peluang Nurul Azmi; Rezki Amaliyah AR; Nurfadilah Mahmud; Murtafiah Murtafiah
Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST) Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology
Publisher : Polewali: Dewan Pengurus Daerah Sulawesi Barat Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36339/jhest.v5i2.106

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kemampun berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi peluang kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda. Pemillihan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling sehingga diperoleh 6 subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil tes yang diperoleh dari kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan terdapat 3 orang siswa dengan kategori berpikir kritis tinggi, 3 orang siswa dengan kategori berpikir kritis sedang, dan 21 orang siswa dengan kategori berpikir kritis yang rendah. Hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa siswa berkemampuan kritis yang tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator kemampuan berpikir kritis yang diantaranya adalah interpretsi, analisis, evaluasi dan inferensi. Siswa berkemampuan kritis sedang mampu menuliskan atau memenuhi semua indikator berpikir kritis, meskipun pada setiap tahap tersebut masih terdapat kekurangan dan kesalahan sehingga masih membutuhkan penyempurnaan. Selanjutnya untuk siswa berkemamuan berpikir kritis rendah, siswa kurang mampu dalam menuliskan keempat indikator berpikir kritis dengan lengkap dan benar.

Page 1 of 3 | Total Record : 22